Sabtu, 02 Juni 2012

PDF Converter Sederhana


Apa itu PDF?


PDF (Portable Document Format) adalah satu format file yang dibina oleh Adobe. Dengan keutamannya adalah ukuran yang kecil dan tidak dapat diubah. Bayangkan file Microsoft Word yang sebesar berpuluh-puluh MB boleh dipadatkan sehingga tidak lebih dari 10 MB saja dalam file PDF. Kita boleh membuat dokumen asal dengan memakai Word atau Excel terlebih dahulu. Biasanya dokumen asal tersebut kita beri format, layout, grafik, font serta gambar tertentu, bukan? Setelah dokumen asal yang kita buat tersebut sudah sempurna, maka kita dapat mengkonversi file tersebut yang tadinya ber-extension .doc atau .xls ke .pdf. Bila file PDF ini anda kirim ke orang lain, maka orang lain akan membaca/melihat dokumen tersebut seperti apa yang anda lihat atau buat terdahulu di Word maupun Excel. Sekali lagi anda tidak perlu kuatir, sepanjang file tersebut sudah dikonversi ke pdf maka format, layout dan lain-lainnya dari dokumen asal sudah final/tetap (tidak berubah lagi).


Rata-rata kebanyakan semua file yang bisa dicetak, maka bisa diubah formatnya menjadi file PDF. Tentu, untuk merubah dokumen asal tersebut kita memerlukan software (aplikasi) tertentu. Aplikasi ini sudah banyak beredar di internet. Salah satunya ialah Adobe Acrobat (hati-hati ya, bukan Adobe Acrobat Reader yang dapat kita download gratis dari website Adobe). Selain Adobe Acrobat, kita juga bisa memakai PDF2Click, PDF Converter, doPDF dan banyak lagi.


Konvert dengan doPDF
doPDF merupakan salah satu aplikasi yang dapat mengubah (convert) file menjadi PDF. Saya senang dengan aplikasi ini karena sederhana, multibahasa, gratis, ukuran kecil dan yang paling penting hasilnya compatible jika ingin diubah menggunakan aplikasi lain. Pernah mencoba menggunakan aplikasi lain dengan ukuran (size) yang sama namun ketika ingin diedit dengan aplikasi lain ada huruf yang tidak terbaca.

Cara penggunaan doPDF adalah sebagai berikut:
  1. Silakan unduh doPDF terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi tersebut.
  3. Buka file yang akan dijadikan PDF
  4. Lalu cetak file tersebut, pilih printer yang digunakan yaitu doPDF. 
Mencetak dengan doPDF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar